3 Iconic Places You Need to Visit
June 16, 2017
Buntu Burake (Patung Tuhan Yesus)
June 16, 2017

Press Release Toraja Marathon 2017

TORAJA MARATHON 2017
PRESS RELEASE
“Run Above the Clouds”

In the early mist of a Saturday morning in Toraja, over 700 runners and 50,000 spectators gathered in the regencies of Tana Toraja and Toraja Utara – South Sulawesi, Indonesia. It was August 13th 2016 the first full marathon race has ever been held in Sulawesi island, east of Indonesia.
A history was well written. An initiative made by a few young Torajans were welcomed by the whole community along with he government and private sectors making it one of the biggest communal movements ever happened that brought a positive vibe to the region.
It certainly was more than just a race. The spectators brought home with them a feeling of motivation. Runners brought home with them a beautiful feeling of having found a second home, that is Toraja.”

Toraja yang selama ini telah dikenal dunia sebagai daerah yang memiliki budaya dan adat istiadat yang sangat unik dan kaya, ternyata juga dibungkus oleh kekayaan dan keindahan alamnya yang sangat asri dan menakjubkan. Terlindung aman oleh barisan bukit, gunung dan bebatuan granit, alam Toraja memancarkan kemilau magis mulai dari lembahnya yang hijau, hamparan terasering sawah, sungai yang membelah perbukitan sampai pada perkebunan kopi rakyat yang tersebar luas ke penjuru perkampungan.

Toraja Marathon merupakan event Full Marathon pertama di Sulawesi yang telah digelar pada 13 Agustus 2016 yang lalu, melintasi daerah dan pemandangan eksotis serta obyek-obyek wisata unggulan di kedua kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara.
Kini, pada tahun 2017, pihak penyelenggara Toraja Marathon melalui PT. Laga Toraja Mendunia, kembali akan menyelenggarakan event olahraga internasional Marathon untuk yang kedua kalinya yaitu pada 29 Juli 2017 dengan target peserta sebanyak 1.500 peserta, berasal dari dalam maupun luar Sulawesi dan juga peserta internasional.

Kategori yang akan diperlombakan adalah 5K, 10K, 21K, dan full marathon (42K), dengan kombinasi jenis road running maupun semi trail melalui kota dan desa-desa penduduk asli Toraja. Setidaknya pelari 21 dan 42 K akan melewati 6 kecamatan, dimana di setiap kecamatan, penduduknya akan menyambut dan memberi semangat para peserta lari melalui tampilan kesenian musik maupun budaya.

Tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam untuk menjadi peserta lari Toraja Marathon 2017, cukup dengan menyisihkan Rp 150.000 untuk kategori 5KM, Rp 250.000 untuk kategori 10KM, Rp 350.000 untuk kategori 21KM, atau Rp 550.000 untuk kategori 42KM, masyarakat sudah bisa menjadi peserta dan berkesempatan untuk memenangkan hadiah ratusan juta rupiah. Setiap peserta juga akan mendapatkan kaos Jersey standard lomba lari internasional, medali finisher (jika selesai tepat waktu), dan beberapa cindera mata dari beberapa sponsor.

Pendaftaran Race

ONLINE

Pendaftaran secara Online via website: www.torajamarathon.com memberikan kemudahan bagi setiap calon peserta untuk mendaftar dan menyelesaikan pembayaran secara online dengan berbagai macam pilihan pembayaran. Pendaftaran Online akan ditutup pada akhir 14 Juli 2017.

OFFLINE

Untuk masyarakat lokal yang ingin mendaftar secara langsung, pendaftaran dibuka mulai tanggal 8 Mei 2017 di tempat-tempat berikut dibawah ini:

1. Makassar:

Gedung Mulo
Jl. Jenderal Sudirman No. 23
Makassar, Sulawesi Selatan

2. Makale:

Toko Bina Karya
Jl. Ampera No. 19. Makale, Tana Toraja (Depan Kantor PU Bina Marga)

3. Rantepao:

The House Café
Jalan Pongtiku No, 5C Karassik, Rantepao, Toraja Utara

Cimsky Cafe
Jl. Ahmad Yani. Rantepao, Toraja Utara

Pendaftar harus membawa identitas diri berupa KTP/SIM/Paspor atau Surat Persetujuan Orang Tua untuk para pelajar.

Rute

Nikmati juga treknya yang tidak biasa, karena jalur lari sengaja dipilih melintasi kampung adat berusia ratusan tahun, persawahan, pemukiman kampung adat bahkan tempat pemakaman kuno yaitu obyek-obyek wisata eksotis seperti: Suaya, Tampang Allo, Bebo dan Kete’ Kesu. Yang menjadikan Toraja Marathon semakin spesial adalah lomba kategori 21KM dan 42KM akan berlangsung di dua kabupaten Toraja.

Berbeda dengan Toraja Marathon 2016, di tahun 2017 ini start dan finish line akan mengalami rotasi, dimana untuk 21 KM dan 42 KM, starting line bertempat di Lapangan Bhakti Rantepao atau di Kete’ Kesu Toraja Utara dan finish line bertempat di Kolam Makale, Tana Toraja. Untuk 5KM dan 10KM, starting line dan finish line bertempat di Kolam Makale, Tana Toraja.

Pihak Penyelenggara, PT Laga Toraja Mendunia bekerja sama dengan Running Explorer sebagai Race Managament, didukung oleh pemerintah provinsi, kedua kabupaten, dan aparat keamanan telah berkordinasi secara intensif untuk memberikan kenyamanan dan keamanan yang maksimal untuk para peserta lari Toraja Marathon maupun wisatawan lain yang berkunjung pada saat kegiatan dilaksanakan. Begitu juga dengan tim medis yang sudah dipersiapkan untuk bersiaga di beberapa titik sepanjgan rute lari. Beberapa lintasan/rute yang melalui jalan poros akan mendapat pengamanan berlapis dari pihak keamanan.

Kakak Angkat utk Bakat Lari (CSR Program)

Toraja Marathon 2017 juga akan memperlombakan 10K Race Kategori Pelajar SMP & SMA. 10 sekolah dari Kabupaten Tana Toraja dan 10 dari Toraja Utara akan mewakilkan masing-masing 3 atlit sekolahnya untuk berlomba. Program sosial sebagai kontribusi dari komunitas lari nasional akan memberikan kesempatan kepada 60 pelari muda ini untuk mendapatkan sepatu lari dan bimbingan support melalui program “Kakak Angkat Untuk Bakat Lari”

Perjalanan ke Toraja

Pihak Penyelenggara bekerja sama dengan Mega Permai Tours & Travel, memberikan kemudahan-kemudahan dalam merencanakan perjalanan peserta. Secara umum ada 2 transportasi yang direkomendasi untuk perjalanan dari Makassar ke Toraja maupun sebaliknya:

1. Perjalanan Darat

Perjalanan dari Makassar ke Toraja memakan waktu yang cukup lama, perjalanan 6 sampai 8 jam melalui darat jika tidak dipersiapkan dengan baik bisa membuat stamina turun dan rencana liburan berantakan.

Penyelenggara Toraja Marathon 2017 bersama dengan Metro Permai memastikan perjalanan peserta menjadi jauh lebih nyaman dengan perhitungan waktu yang cermat, sehingga peserta dapat sampai di Toraja dengan tepat waktu dan dalam kondisi yang prima.

Demi kenyamanan dan keamanan peserta Toraja Marathon, Penyelenggara menyiapkan tiga sampai empat bis khusus untuk peserta yang berasal dari luar Makassar, peserta akan langsung dijemput oleh Bis tersebut di area parkir Hasanuddin Airport Makassar. Jadwal akan diumumkan selanjutnya melalui media-media social Toraja Marathon ataupun melalui email blast peserta.

​2. Perjalanan Udara

Rekomendasi transport selanjutnya adalah menggunakan pesawat jenis Fokker 50 dengan kapasitas 50 seats yang dioperasikan oleh maskapai penerbangan Trans Nusa. Perjalanan hanya memakan waktu 45 menit. Untuk sementara ini jadwal terbang 1x sehari, setiap hari dari Makassar – Toraja PP pada pagi hari.

Selamat berlari, selamat menikmati keindahan alamnya yang mempesona, selamat berbagi dan rebut hadiahnya!!!

Toraja Marathon 2017 didukung oleh: Kementerian Pariwisata RI, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Pemerintah Kabupaten Tana Toraja, Pemerintah Kabupaten Toraja Utara, aparat keamanan juga pihak-pihak lain yang turut berpartisipasi mengawal dan membantu kegiatan ini.

Untuk informasi lebih lengkap dapat berkunjung ke official website Toraja Marathon: www.torajamarathon.com atau media social kami (instagram, FB, twitter): /torajamarathon.com

Terima Kasih, kurre sumanga!

Salam Runners!

Penyelenggara Toraja Marathon 2017.