Panduan Tips Pergi Liburan Ke Toraja

Nyamannya Bus Malam ke Toraja
February 10, 2018
Indonesia’s Toraja wakes up from hibernation
February 18, 2018

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Toraja

Tana Toraja merupakan kabupaten di Propinsi Sulawesi Selatan, Bupatinya pada saat itu adalah Theofilus Allorerung. Tana Toraja memiliki hawa yang dingin, dikarenakan letaknya berada di wilayah pegunungan. Masyarakat setempat sangat memegang nilai – nilai adat yang tinggi. Terbukti dengan banyaknya upacara – upacara adat.

Sejarah Tana Toraja

Toraja adalah tempat wisata budaya menarik di Indonesia selain Bali by @ardypatandung
Toraja adalah tempat wisata budaya menarik di Indonesia selain Bali by @ardypatandung

Berdasarkan cerita legenda yang tersebar di masyarakat suku Toraja, leluhur dari suku Toraja berasal dari manusia yang turun dari nirwana dengan menggunakan tangga dari langit menuju bumi. Karena itu masyarakat percaya bahwa tangga tersebut dapat berfungsi untuk media pendekatan diri kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Dan sementara menurut seorang antropolog DR. C. Cyrut yang melakukan penelitian tentang suku Toraja, menyimpulkan bahwa masyarakat Tana Toraja adalah hasil dari akulturasi penduduk asli yang tinggal di daratan yang ada di Sulawesi Selatan dengan pendatang atau imigran yang berasal dari Teluk Tongkin atau dataran Cina.

Pada awalnya nama Toraja diberikan oleh masyarakat suku Bugis Sidendereng dari Luwu. Dan masyarakat Sidendreng menyebut penduduk daerah ini dengan sebutan To Riaja yang artinya “ orang yang bermukim di pegunungan atau negeri atas “. Namun berbeda dengan orang Luwu yang menyebutnya penduduk daerah ini dengan To Riajang yang berarti “ Orang yang mendiami atau bermukim di sebelah Barat “.

Cara Pergi ke Tana Toraja

Ada banyak cara untuk pergi berlibur ke Toraja. Namun pada umumnya anda bisa pergi berlibur ke Toraja melewati salah satu kota besat terdekatnya, Makassar dengan pesawat udara. Setelah itu baru dilanjutkan dengan perjalanan darat ke Toraja.

Pergi Melalui Udara

Semua perjalanan yang menggunakan pesawat terbang menuju ke Tana Toraja akan mendarat di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin ( UPG ) di Makassar terlebih dahulu. Kemudian di lanjutkan dengan menggunakan bus antar kota dari Makassar ke Tana Toraja.

Passenger Service Charge ( PSC ) atau airport tax :

  • Domestik : Rp . 50.000
  • Internasional : Rp. 150.000

Transportasi dari atau ke bandara

  • Taksi, jenis transportasi ini mudah ditemukan di terminal kedatangan. Untuk tarif taksinya berkisar mulai Rp. 80.000 – Rp. 130.000 dengan tujuan ke pusat Makassar.
  • Bus Damri, jika Anda ingin menggunakan bus damri dari Bandara Sultan Hasanuddin tersedia bus damri dengan tujuan terminal di Jalan Ribura’ne yang terletak di pusat Makassar. Harga tarif bus mulai dari Rp. 20.000
Salah satu aktifitas wisata di Toraja yang menyenangkan adala bersepeda by @nataschaule
Salah satu aktifitas wisata di Toraja yang menyenangkan adala bersepeda by @nataschaule

Pergi Lewat Jalur Darat Dari Makassar ke Toraja

Anda bisa menggunakan bus antar kota dengan tujuan Tana Toraja dari pusat Makassar, yaitu :

  • Bus Alam Indah mulai dari : Rp. 100.000
  • Bus Metro Permai mulai dari : Rp. 120.000
  • Bus Manggala Trans mulai dari : Rp. 120.000
  • Bus Primadona mulai dari : Rp. 120.000

( Harga dapat berubah sewaktu – waktu )

Transportasi di Tana Toraja

  • Angkutan Umum ( Angkot ), Di Tana Toraja untuk jenis angkutan umumnya berupa mobil sejenis kijang, innova, avanza. Dan untuk membedakannya cukup melihat dari plat mobilnya, jika warnanya kuning adalah angkutan umum, bukan mobil pribadi. Angkot ini beroperasi dari Rantepao sampai Terminal di Makale. Untuk tarifnya mulai dari Rp. 10.000 dengan rute Rantepao – Terminal Makale.
  • Ojek, di Tana Toraja banyak ojek yang menawarkan jasa mengantarkan ke tempat tujuan yang tidak terlewati oleh kendaraan umum. Sebelum menggunakan ojek, tanyakan untuk harganya terlebih dahulu.
  • Sewa Mobil, jika Anda yang bepergian dengan keluarga atau rombongan bisa juga menyewa mobil. Tetapi, di Tana Toraja sangat jarang bisa menyewa dengan sistem lepas kunci. Harus sekaligus dengan supirnya, dan harga sewa mobil mulai dari Rp. 350.000 – Rp. 500.000 tergantung dengan jenis mobil.

Hotel di Tana Toraja

Upacara pemakaman rambu solo' di toraja by IG @tandiayupaul
Upacara pemakaman rambu solo’ di toraja by IG @tandiayupaul

Ada banyak hotel dan penginapan bisa anda inapi di Toraja. Tinggal memilih hotel murah di Toraja atau hotel mewah di Toraja. Sesuaikan saja dengan dana di kantong anda. Selain itu anda juga bisa menginap di daerah Rantepao yang berada tak jauh dari Toraja.

Untuk hotel tak berbintang dan homestay harga menginap per malam berada di range IDR 100.000 – 300.000. Setiap hotel atau penginapan di Toraja biasanya menyediakan fasilitas single bed, double bed, sarapan pagi, air panas, laundry dan lainnya. Untuk kelas hotel yang ada di Toraja sebagai berikut:

  • Budget, untuk backpacker bisa memilih jenis penginapan ini untuk menghemat biaya. Jangan khawatir hotel budget ini tetap dilengkapi dengan fasilitas dan pelayanan yang memuaskan.
  • Menengah,Jenis penginapan ini lebih dipilih oleh para wisatawan yang menginginkan kenyamanan lebih dalam berlibur, dengan standar hotel bintang 2 dan hotel bintang 3.
  • Mewah, Tentunya dengan memilih penginapan mewah hotel bintang 4 dan hotel bintang 5,anda akan mendapatkan kesempurnaan fasilitas dalam berlibur, karena semua fasilitas akan disediakan oleh pihak hotel.

Untuk beberapa hotel yang ada di Toraja adalah sebagai berikut:

  • Toraja Heritage Hotel
  • Toraja Misiliana Hotel
  • Toraja Sahid Hotel
  • Tongkonan Layuk Lion
  • Toraja Prince Hotel

Iklim di Tana Toraja

Iklim di Tana Toraja tergolong dalam iklim tropis dengan suhu udara antara 140C – 260C dan kelembaban udara antara 82% – 86%. Curah hujan rata – rata tahunan dengan jumlah bulan basah (8bulan) dan bulan kering(4bulan).

Bahasa Daerah di Tana Toraja

Masyarakat Tana Toraja setempat kesehariannya menggunakan bahasa Toraja untuk berkomunikasi. Dan bahasa Toraja terbagi atas tiga dialek, yaitu dialek Makale – Rantepao, dialek Saluputti-Bonggakaradeng, dan dialek Sillanan-Gandangbatu.

Sumber: pergimulu.com